BUKU AJAR Rencana Materi Mata Kuliah Sosiologi Antropologi Pendidikan
BUKU
AJAR
Rencana
Materi Mata Kuliah
Sosiologi
Antropologi Pendidikan
Bab
1: Pengantar Sosiologi dan Antropologi Pendidikan
A. Pendahuluan
B. Pengertian sosiologi
dan antropologi
C. Ruang lingkup dan
objek kajian sosiologi dan antropologi pendidikan
D. Hubungan antara
sosiologi, antropologi, dan pendidikan
E. Manfaat mempelajari
sosiologi dan antropologi pendidikan bagi calon pendidik
F. Rangkuman Materi
Tugas dan Evalusi
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Bab
2: Konsep Dasar Sosiologi dan Antropologi dalam Pendidikan
A. Pendahuluan
B. Sosiologi pendidikan:
definisi, ruang lingkup, dan fokus kajian
C. Antropologi
pendidikan: pengertian dan relevansinya dengan pendidikan
D. Hubungan timbal balik
antara pendidikan dan masyarakat
E. Kajian lintas budaya
dalam pendidikan
F. Rangkuman Materi
Tugas dan Evalusi
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Bab
3: Paradigma Sosiologi dalam Pendidikan
A. Pendahuluan
B. Pengertian Paradigma dan Paradigma Sosiologi
C. Paradigma fakta sosial (Émile Durkheim)
D. Paradigma identitas sosial
E. Paradigma struktur sosial
F. Rangkuman Materi
Tugas dan Evalusi
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Bab
4: Teori-Teori dalam Kajian Sosiologi dan Antropologi
A. Pendahuluan
B. Pengertian Teori
C. Teori struktural
fungsional (Talcott Parsons, Durkheim)
D. Teori konflik
struktural (Karl Marx)
E. Teori interaksionisme
simbolik (Herbert Blumer, Mead)
F. Teori pertukaran
sosial (George Homans)
G. Relevansi teori-teori tersebut terhadap dunia pendidikan
H. Rangkuman Materi
Tugas dan Evaluasi
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Bab
5: Pendidikan dalam Perspektif Antropologi
A. Pendahuluan
B. Pendidikan sebagai
proses kebudayaan
C. Nilai-nilai budaya
dan pembentukan karakter peserta didik
D. Lembaga pendidikan
sebagai agen pewarisan budaya
E. Antropologi dan
pendekatan etnografi dalam penelitian pendidikan
F. Rangkuman Materi
Tugas dan Evaluasi
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Bab
6: Perspektif Islam terhadap Sosiologi dan Antropologi Pendidikan
A. Pendahuluan
B. Landasan Al-Qur’an
tentang pendidikan sosial:
QS. Al-Hujurat: 13
(tentang kemajemukan dan persaudaraan)
QS. An-Nahl: 78 (tentang
fitrah dan proses belajar sosial)
QS. Al-‘Alaq: 1–5 (tentang
pentingnya ilmu pengetahuan)
C. Hadis-hadis
Rasulullah tentang hubungan sosial dan pendidikan:
"Sebaik-baik manusia
adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.” (HR. Ahmad)
“Tidak beriman salah
seorang di antara kalian hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia
mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari Muslim)
D. Pendidikan sosial
dalam Islam: konsep ukhuwah, ta’awun, dan musawah
E. Integrasi nilai-nilai
Islam dalam pendekatan sosiologi dan antropologi pendidikan
F. Rangkuman Materi
Tugas dan Evaluasi
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Bab
7: Proses Sosialisasi dalam Pembentukan Kepribadian
A. Pendahuluan
B. Pengertian dan proses
sosialisasi
C. Agen sosialisasi:
keluarga, sekolah, masyarakat, media
D. Pendidikan sebagai
sarana pembentukan kepribadian sosial
E. Ketimpangan sosial dalam proses pendidikan
F. Rangkuman Materi
Tugas dan Evaluasi
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Pertemuan
8. Ujian Tengah Semester (UTS)
Tugas UTS (Berbasis
Produk Kolaboratif):
1.
Mahasiswa bersama dosen menyusun buku
chapter berisi hasil pembelajaran dari bab 1–14.
2.
Format penulisan: mengikuti pedoman
penulisan buku ilmiah
3.
Tugas dilakukan secara kelompok.
4. Tujuan: memperdalam pemahaman konsep sosiologi dan antropologi pendidikan melalui penulisan akademik kolaboratif.
Bab
8: Identitas Sosial, Tradisi, dan Budaya Religius dalam Pendidikan
A. Pendahuluan
B. Konsep identitas
sosial dan budaya
C. Tradisi lokal dalam
pembentukan karakter peserta didik
D. Budaya religius di
sekolah
E. Integrasi nilai budaya
dan agama dalam pendidikan
F. Rangkuman Materi
Tugas dan Evaluasi
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Bab 9: Agama dalam Perspektif Sosiologi dan Antropologi
A. Pendahuluan
B. Agama sebagai sistem nilai dan norma sosial
C. Fungsi sosial agama
dalam pendidikan
D. Agama dan perubahan
sosial
E. Tantangan pendidikan
Islam di masyarakat majemuk
F. Rangkuman Materi
Tugas dan Evaluasi
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Bab
10: Pendidikan Multikultural dan Moderasi Beragama
A. Pendahuluan
B. Konsep dan prinsip
pendidikan multikultural
C. Pendidikan inklusif
dan toleransi antarbudaya
D. Implementasi
moderasi beragama di sekolah
E. Strategi pembelajaran
berbasis keberagaman
F. Rangkuman Materi
Tugas dan Evaluasi
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Bab
11: Perubahan Sosial dan Dinamika Pendidikan
A. Pendahuluan
B. Pengertian dan bentuk perubahan sosial
C. Faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial
D. Dampak perubahan
sosial terhadap pendidikan
E. Modernisasi dan
globalisasi pendidikan
F. Rangkuman Materi
Tugas dan Evalusai
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Bab
12: Budaya Sekolah dan Kualitas Pendidikan
A. Pendahuluan.
B. Konsep kultur
sekolah
C. Nilai, norma, dan
iklim sekolah
D. Pengaruh budaya
organisasi terhadap mutu pendidikan
E. Kepemimpinan dan
budaya kolaboratif
F. Rangkuman Materi
Tugas dan Evaluasi
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Bab
13: Integrasi Sosiologi dan Antropologi dalam Kurikulum Pendidikan Islam
A. Pendahuluan
B. Prinsip-prinsip
integratif dalam kurikulum PAI
C. Analisis nilai sosial-budaya
dalam kurikulum PAI
D. Model pembelajaran
berbasis konteks sosial dan budaya
E. Penguatan karakter
melalui pendekatan sosial-antropologis
F. Rangkuman Materi
Tugas dan Evaluasi
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Bab
14: Studi Kasus dan Analisis Fenomena
A. Analisis fenomena
sosial dalam pendidikan (contoh kasus nyata)
B. Peranan guru sebagai
agen perubahan sosial
C. Kajian etnografis
tentang kebijakan dan praktik pendidikan
D. Refleksi terhadap
peran sosiologi-antropologi dalam dunia pendidikan kontemporer
E. Rangkuman Materi
Tugas dan Evaluasi
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Pertemuan
16. Ujian Akhir Semester (UAS)
Tugas UAS (Berbasis
Produk Individu):
1.
Mahasiswa menyusun artikel jurnal ilmiah
berdasarkan salah satu tema dari Bab 1–14.
2.
Format penulisan: mengikuti panduan jurnal
ilmiah (judul, abstrak, pendahuluan, metode, pembahasan, kesimpulan, daftar
pustaka).
3.
Tugas dilakukan secara individu.
4.
Tujuan: melatih mahasiswa menulis karya
ilmiah yang siap publikasi dan mengintegrasikan teori dengan fenomena sosial
pendidikan aktual.
0 Response to "BUKU AJAR Rencana Materi Mata Kuliah Sosiologi Antropologi Pendidikan "
Posting Komentar