BUKU AJAR Rencana Materi Mata Kuliah Sosiologi Antropologi Pendidikan

 


BUKU AJAR

Rencana Materi Mata Kuliah

Sosiologi Antropologi Pendidikan 

Bab 1: Pengantar Sosiologi dan Antropologi Pendidikan

A. Pendahuluan

B. Pengertian sosiologi dan antropologi

C. Ruang lingkup dan objek kajian sosiologi dan antropologi pendidikan

D. Hubungan antara sosiologi, antropologi, dan pendidikan

E. Manfaat mempelajari sosiologi dan antropologi pendidikan bagi calon pendidik

F. Rangkuman Materi

Tugas dan Evalusi

Daftar Pustaka

Profil Penulis

Bab 2: Konsep Dasar Sosiologi dan Antropologi dalam Pendidikan

A. Pendahuluan 

B. Sosiologi pendidikan: definisi, ruang lingkup, dan fokus kajian

C. Antropologi pendidikan: pengertian dan relevansinya dengan pendidikan

D.  Hubungan timbal balik antara pendidikan dan masyarakat

E. Kajian lintas budaya dalam pendidikan

F. Rangkuman Materi

Tugas dan Evalusi

Daftar Pustaka

Profil Penulis

Bab 3: Paradigma Sosiologi dalam Pendidikan

A. Pendahuluan

B. Pengertian Paradigma dan Paradigma Sosiologi

C. Paradigma fakta sosial (Émile Durkheim)

D. Paradigma identitas sosial

E. Paradigma struktur sosial

F. Rangkuman Materi

Tugas dan Evalusi

Daftar Pustaka

Profil Penulis

Bab 4: Teori-Teori dalam Kajian Sosiologi dan Antropologi

A. Pendahuluan

B. Pengertian Teori

C. Teori struktural fungsional (Talcott Parsons, Durkheim)

D. Teori konflik struktural (Karl Marx)

E. Teori interaksionisme simbolik (Herbert Blumer, Mead)

F. Teori pertukaran sosial (George Homans)

G. Relevansi teori-teori tersebut terhadap dunia pendidikan

H.  Rangkuman Materi

Tugas dan Evaluasi

Daftar Pustaka

Profil Penulis

Bab 5: Pendidikan dalam Perspektif Antropologi

A. Pendahuluan

B. Pendidikan sebagai proses kebudayaan

C. Nilai-nilai budaya dan pembentukan karakter peserta didik

D. Lembaga pendidikan sebagai agen pewarisan budaya

E. Antropologi dan pendekatan etnografi dalam penelitian pendidikan

F. Rangkuman Materi

Tugas dan Evaluasi

Daftar Pustaka

Profil Penulis

Bab 6: Perspektif Islam terhadap Sosiologi dan Antropologi Pendidikan

A. Pendahuluan

B. Landasan Al-Qur’an tentang pendidikan sosial:

QS. Al-Hujurat: 13 (tentang kemajemukan dan persaudaraan)

QS. An-Nahl: 78 (tentang fitrah dan proses belajar sosial)

QS. Al-‘Alaq: 1–5 (tentang pentingnya ilmu pengetahuan)

C. Hadis-hadis Rasulullah tentang hubungan sosial dan pendidikan:

"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.” (HR. Ahmad)

“Tidak beriman salah seorang di antara kalian hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari Muslim)

D. Pendidikan sosial dalam Islam: konsep ukhuwah, ta’awun, dan musawah

E. Integrasi nilai-nilai Islam dalam pendekatan sosiologi dan antropologi pendidikan

F. Rangkuman Materi

Tugas dan Evaluasi

Daftar Pustaka

Profil Penulis

Bab 7: Proses Sosialisasi dalam Pembentukan Kepribadian

A. Pendahuluan

B. Pengertian dan proses sosialisasi

C. Agen sosialisasi: keluarga, sekolah, masyarakat, media

D. Pendidikan sebagai sarana pembentukan kepribadian sosial

E. Ketimpangan sosial dalam proses pendidikan

F. Rangkuman Materi

Tugas dan Evaluasi

Daftar Pustaka

Profil Penulis

Pertemuan 8. Ujian Tengah Semester (UTS)

Tugas UTS (Berbasis Produk Kolaboratif):

1.     Mahasiswa bersama dosen menyusun buku chapter berisi hasil pembelajaran dari bab 1–14.

2.     Format penulisan: mengikuti pedoman penulisan buku ilmiah

3.     Tugas dilakukan secara kelompok.

4. Tujuan: memperdalam pemahaman konsep sosiologi dan antropologi pendidikan melalui penulisan akademik kolaboratif.

Bab 8: Identitas Sosial, Tradisi, dan Budaya Religius dalam Pendidikan

A. Pendahuluan 

B. Konsep identitas sosial dan budaya

C. Tradisi lokal dalam pembentukan karakter peserta didik

D.  Budaya religius di sekolah

E. Integrasi nilai budaya dan agama dalam pendidikan

F. Rangkuman Materi

Tugas dan Evaluasi

Daftar Pustaka

Profil Penulis

Bab 9: Agama dalam Perspektif Sosiologi dan Antropologi

A. Pendahuluan 

B. Agama sebagai sistem nilai dan norma sosial

C. Fungsi sosial agama dalam pendidikan

D. Agama dan perubahan sosial

E. Tantangan pendidikan Islam di masyarakat majemuk

F. Rangkuman Materi

Tugas dan Evaluasi

Daftar Pustaka

Profil Penulis

Bab 10: Pendidikan Multikultural dan Moderasi Beragama

A. Pendahuluan 

B. Konsep dan prinsip pendidikan multikultural

C. Pendidikan inklusif dan toleransi antarbudaya

D. Implementasi moderasi beragama di sekolah

E. Strategi pembelajaran berbasis keberagaman

F. Rangkuman Materi

Tugas dan Evaluasi

Daftar Pustaka

Profil Penulis

Bab 11: Perubahan Sosial dan Dinamika Pendidikan

A. Pendahuluan

B. Pengertian dan bentuk perubahan sosial

C. Faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial

D. Dampak perubahan sosial terhadap pendidikan

E. Modernisasi dan globalisasi pendidikan

F. Rangkuman Materi

Tugas dan Evalusai

Daftar Pustaka

Profil Penulis

Bab 12: Budaya Sekolah dan Kualitas Pendidikan

A. Pendahuluan.

B. Konsep kultur sekolah

C. Nilai, norma, dan iklim sekolah

D. Pengaruh budaya organisasi terhadap mutu pendidikan

E. Kepemimpinan dan budaya kolaboratif

F. Rangkuman Materi

Tugas dan Evaluasi

Daftar Pustaka

Profil Penulis

Bab 13: Integrasi Sosiologi dan Antropologi dalam Kurikulum Pendidikan Islam

A. Pendahuluan

B. Prinsip-prinsip integratif dalam kurikulum PAI

C. Analisis nilai sosial-budaya dalam kurikulum PAI

D. Model pembelajaran berbasis konteks sosial dan budaya

E.  Penguatan karakter melalui pendekatan sosial-antropologis

F. Rangkuman Materi

Tugas dan Evaluasi

Daftar Pustaka

Profil Penulis

Bab 14: Studi Kasus dan Analisis Fenomena

A. Analisis fenomena sosial dalam pendidikan (contoh kasus nyata)

B. Peranan guru sebagai agen perubahan sosial

C. Kajian etnografis tentang kebijakan dan praktik pendidikan

D. Refleksi terhadap peran sosiologi-antropologi dalam dunia pendidikan kontemporer

E. Rangkuman Materi

Tugas dan Evaluasi

Daftar Pustaka

Profil Penulis

Pertemuan 16. Ujian Akhir Semester (UAS)

Tugas UAS (Berbasis Produk Individu):

1.     Mahasiswa menyusun artikel jurnal ilmiah berdasarkan salah satu tema dari Bab 1–14.

2.     Format penulisan: mengikuti panduan jurnal ilmiah (judul, abstrak, pendahuluan, metode, pembahasan, kesimpulan, daftar pustaka).

3.     Tugas dilakukan secara individu.

4.     Tujuan: melatih mahasiswa menulis karya ilmiah yang siap publikasi dan mengintegrasikan teori dengan fenomena sosial pendidikan aktual.

0 Response to "BUKU AJAR Rencana Materi Mata Kuliah Sosiologi Antropologi Pendidikan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel