MATA KULIAH : SOSIOLOGI ANTROPOLOGI PENDIDIKAN
MATA KULIAH : SOSIOLOGI ANTROPOLOGI PENDIDIKAN
BOBOT SKS : 2
DOSEN : Dr (Cand) Dawami S.Sos M.I.Kom
No |
Materi Pertemuan |
CPL, Tugas dan Referensi |
1 |
Pertemuan 1: Pengantar Sosiologi & Antropologi Sub Materi -
Ruang lingkup sosiologi dan antropologi. -
Relevansi kajian sosial-budaya dalam
Pendidikan Agama Islam. -
Sejarah perkembangan sosiologi dan
antropologi. -
Hubungan sosiologi, antropologi, dan
pendidikan agama. -
Konsep masyarakat dan ummah dalam Islam. |
CPL: Mahasiswa mampu
menjelaskan urgensi sosiologi-antropologi dalam PAI. Tugas: Buat ringkasan (2–3
halaman) tentang peran ilmu sosial dalam pendidikan Islam. Referensi: Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar. Clifford Geertz, The Interpretation of Cultures. |
2 |
Pertemuan 2: Konsep Dasar Sosiologi Sub Materi -
Definisi masyarakat dan kebudayaan. -
Unsur-unsur masyarakat dan kebudayaan. -
Interaksi sosial: bentuk dan proses. -
Teori solidaritas (Durkheim). -
Perspektif Islam tentang masyarakat. |
CPL: Mahasiswa memahami
konsep dasar sosiologi dan aplikasinya dalam pendidikan Islam. Tugas: Observasi
lingkungan sekitar (kampus/masjid) dan catat bentuk interaksi sosial yang
terjadi. Referensi: Emile Durkheim, The Division of Labor in Society. Al-Qur’an, QS. Al-Hujurat: 13. |
3 |
Pertemuan 3: Teori-Teori Sosiologi Sub Materi -
Struktural fungsional. -
Teori konflik. -
Interaksionisme simbolik. -
Relevansi dalam pendidikan Islam. -
Kritik dan sintesis teori. |
CPL: Mahasiswa mampu
menghubungkan teori sosiologi dengan fenomena pendidikan agama. Tugas: Analisis fenomena sosial
di sekolah (misalnya bullying, solidaritas, kerjasama) dengan salah satu
teori sosiologi. Referensi: George Ritzer, Sociological Theory. Henslin, Sociology. |
4 |
Pertemuan 4: Konsep Dasar Antropologi Sub Materi -
Definisi antropologi. -
Unsur kebudayaan universal. -
Simbol, ritual, dan makna budaya. -
Kebudayaan sebagai sistem nilai. -
Islam dan kebudayaan (tamadun). |
CPL: Mahasiswa memahami
konsep budaya dan kaitannya dengan Islam. Tugas: Buat esai tentang
simbol-simbol religius dalam masyarakat lokal (contoh: Tepak Sirih, kenduri,
dll). Referensi: Koentjaraningrat, Pengantar Ilmu Antropologi. Syed Naquib al-Attas, Islam and Secularism. |
5 |
Pertemuan 5: Sosialisasi dan Pendidikan Sub Materi -
Pengertian sosialisasi. -
Agen sosialisasi: keluarga, sekolah,
masyarakat. -
Sosialisasi nilai religius. -
Pendidikan agama dalam sosialisasi. -
Internalisasi nilai Islam. |
CPL: Mahasiswa memahami
peran sosialisasi dalam pendidikan karakter religius. Tugas: Wawancara dengan
orang tua/guru tentang cara sosialisasi nilai agama. Referensi: Peter L. Berger & Luckmann, The Social Construction of Reality. Hadis tentang pendidikan anak (HR. Tirmidzi). |
6 |
Pertemuan 6: Struktur & Stratifikasi Sosial Sub Materi -
Konsep struktur sosial. -
Stratifikasi sosial: definisi & bentuk. -
Mobilitas sosial. -
Stratifikasi dalam masyarakat Muslim. -
Dampak pada pendidikan Islam. |
CPL: Mahasiswa mampu
menganalisis stratifikasi sosial dan pengaruhnya terhadap pendidikan. Tugas: Buat mini
penelitian: “Apakah latar belakang sosial ekonomi memengaruhi akses pendidikan
agama?” Referensi: Pitirim Sorokin, Social and Cultural Mobility. QS. Al-Hujurat: 13. |
7 |
Pertemuan 7: Agama sebagai Fenomena Sosial Sub Materi -
Definisi agama dalam sosiologi. -
Fungsi agama. -
Agama sebagai integrasi sosial. -
Agama dan moralitas pendidikan. -
Islam sebagai rahmatan lil-‘alamin. |
CPL: Mahasiswa mampu melihat agama sebagai kekuatan sosial. Tugas: Diskusi kelas tentang fungsi sosial agama dalam pendidikan. Referensi: Emile Durkheim, The Elementary Forms of Religious Life. QS. Al-Maidah: 2. |
8 |
Pertemuan 8 – UTS |
|
9 |
Pertemuan 9: Antropologi Pendidikan Sub Materi -
Antropologi pendidikan: pengertian. -
Hubungan budaya dan pendidikan. -
Kearifan lokal sebagai sumber pendidikan
agama. -
Studi kasus: Tepak Sirih, pesantren. -
Moderasi beragama dalam antropologi
pendidikan. |
CPL: Mahasiswa mampu mengaitkan antropologi pendidikan dengan PAI. Tugas: Observasi budaya lokal yang bisa dijadikan bahan pembelajaran
agama. Referensi: John Ogbu, Anthropology and Education. Kemenag RI, Moderasi Beragama. |
10 |
Pertemuan 10: Perubahan Sosial dan Pendidikan Sub Materi -
Definisi perubahan sosial. -
Faktor penyebab. -
Dampak modernisasi terhadap pendidikan Islam. -
Globalisasi & digitalisasi. -
Respon pendidikan Islam. |
CPL: Mahasiswa memahami dampak perubahan sosial terhadap pendidikan
Islam. Tugas: Buat artikel pendek: “Pengaruh media sosial terhadap
pembelajaran agama.” Referensi: Anthony Giddens, Sociology. QS. Ar-Ra’d: 11. |
11 |
Pertemuan 11: Dinamika Lembaga Sosial Sub Materi -
Definisi lembaga sosial. -
Keluarga, pendidikan, agama, politik. -
Peran lembaga sosial dalam pendidikan. -
Integrasi nilai Islam. -
Studi kasus: pesantren dan madrasah. |
CPL: Mahasiswa mampu memahami lembaga sosial dan pengaruhnya dalam
pendidikan. Tugas: Studi kasus tentang lembaga pendidikan Islam di daerah. Referensi: Soerjono Soekanto, Sosiologi Lembaga Sosial. QS. Luqman: 13–19. |
12 |
Pertemuan 12: Identitas, Tradisi, & Budaya Religius Sub Materi -
Konsep identitas budaya. -
Tradisi dan akulturasi dalam Islam. -
Budaya religius di Nusantara. -
Islamisasi di dunia Melayu. -
Pendidikan Islam dan tradisi. |
CPL: Mahasiswa memahami interaksi Islam dan budaya lokal. Tugas: Tuliskan laporan observasi tradisi keagamaan di daerah asal. Referensi: Azyumardi Azra, Islam Nusantara. Clifford Geertz, The Religion of Java. |
13 |
Pertemuan 13: Isu Sosial Kontemporer Sub Materi -
Radikalisme agama. -
Pluralitas & multikulturalisme. -
Moderasi beragama di sekolah. -
Tantangan pendidikan Islam. -
Strategi menghadapi isu kontemporer. |
CPL: Mahasiswa mampu menganalisis isu sosial dengan perspektif Islam. Tugas: Makalah kelompok tentang strategi pendidikan Islam menghadapi
radikalisme. Referensi: Kemenag RI, Moderasi Beragama. QS. Al-Baqarah: 143. |
14 |
Pertemuan 14: Pendidikan Islam sebagai Agen Perubahan Sosial Sub Materi -
Pendidikan sebagai agen perubahan. -
Pendidikan Islam dan pembangunan masyarakat. -
Peran guru agama. -
Teori perubahan sosial. -
Pendidikan agama untuk karakter bangsa. |
CPL: Mahasiswa memahami peran pendidikan Islam dalam perubahan
sosial. Tugas: Presentasi kelompok: “PAI sebagai agen perubahan di
sekolah/madrasah.” Referensi: Paulo Freire, Pendidikan Kaum Tertindas. QS. An-Nahl: 125. |
15 |
Pertemuan 15: Integrasi Sosiologi & Antropologi dalam Kurikulum
PAI Sub Materi -
Pentingnya integrasi sosial-budaya. -
Pendekatan sosiologis dalam kurikulum. -
Pendekatan antropologis. -
Model pembelajaran berbasis budaya religius. -
Rancang kurikulum PAI kontekstual. |
CPL: Mahasiswa mampu merancang kurikulum berbasis sosial budaya dan
Islam. Tugas: Desain silabus pembelajaran agama berbasis budaya lokal. Referensi: Tilaar, Multikulturalisme dan Pendidikan. Kemenag RI, Desain Kurikulum PAI. |
16 |
Pertemuan 16 – UAS |
Ujian Akhir Semester (materi pertemuan 9–15). |
0 Response to "MATA KULIAH : SOSIOLOGI ANTROPOLOGI PENDIDIKAN"
Posting Komentar