MATA KULIAH : SOSIOLOGI ANTROPOLOGI PENDIDIKAN

 

MATA KULIAH                  : SOSIOLOGI ANTROPOLOGI PENDIDIKAN

BOBOT SKS                       : 2

DOSEN                              : Dr (Cand) Dawami S.Sos M.I.Kom

No

Materi Pertemuan

CPL, Tugas dan Referensi

1

Pertemuan 1: Pengantar Sosiologi & Antropologi

Sub Materi

-          Ruang lingkup sosiologi dan antropologi.

-          Relevansi kajian sosial-budaya dalam Pendidikan Agama Islam.

-          Sejarah perkembangan sosiologi dan antropologi.

-          Hubungan sosiologi, antropologi, dan pendidikan agama.

-          Konsep masyarakat dan ummah dalam Islam.

 

CPL: Mahasiswa mampu menjelaskan urgensi sosiologi-antropologi dalam PAI.

Tugas: Buat ringkasan (2–3 halaman) tentang peran ilmu sosial dalam pendidikan Islam.

Referensi:

Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar.

Clifford Geertz, The Interpretation of Cultures.

 

2

Pertemuan 2: Konsep Dasar Sosiologi

Sub Materi

-          Definisi masyarakat dan kebudayaan.

-          Unsur-unsur masyarakat dan kebudayaan.

-          Interaksi sosial: bentuk dan proses.

-          Teori solidaritas (Durkheim).

-          Perspektif Islam tentang masyarakat.

CPL: Mahasiswa memahami konsep dasar sosiologi dan aplikasinya dalam pendidikan Islam.

Tugas: Observasi lingkungan sekitar (kampus/masjid) dan catat bentuk interaksi sosial yang terjadi.

Referensi:

Emile Durkheim, The Division of Labor in Society.

Al-Qur’an, QS. Al-Hujurat: 13.

3

Pertemuan 3: Teori-Teori Sosiologi

Sub Materi

-          Struktural fungsional.

-          Teori konflik.

-          Interaksionisme simbolik.

-          Relevansi dalam pendidikan Islam.

-          Kritik dan sintesis teori.

CPL: Mahasiswa mampu menghubungkan teori sosiologi dengan fenomena pendidikan agama.

Tugas: Analisis fenomena sosial di sekolah (misalnya bullying, solidaritas, kerjasama) dengan salah satu teori sosiologi.

Referensi:

George Ritzer, Sociological Theory.

Henslin, Sociology.

4

Pertemuan 4: Konsep Dasar Antropologi

 

Sub Materi

-          Definisi antropologi.

-          Unsur kebudayaan universal.

-          Simbol, ritual, dan makna budaya.

-          Kebudayaan sebagai sistem nilai.

-          Islam dan kebudayaan (tamadun).

CPL: Mahasiswa memahami konsep budaya dan kaitannya dengan Islam.

Tugas: Buat esai tentang simbol-simbol religius dalam masyarakat lokal (contoh: Tepak Sirih, kenduri, dll).

Referensi:

Koentjaraningrat, Pengantar Ilmu Antropologi.

Syed Naquib al-Attas, Islam and Secularism.

5

Pertemuan 5: Sosialisasi dan Pendidikan

 

Sub Materi

-          Pengertian sosialisasi.

-          Agen sosialisasi: keluarga, sekolah, masyarakat.

-          Sosialisasi nilai religius.

-          Pendidikan agama dalam sosialisasi.

-          Internalisasi nilai Islam.

CPL: Mahasiswa memahami peran sosialisasi dalam pendidikan karakter religius.

Tugas: Wawancara dengan orang tua/guru tentang cara sosialisasi nilai agama.

Referensi:

Peter L. Berger & Luckmann, The Social Construction of Reality.

Hadis tentang pendidikan anak (HR. Tirmidzi).

6

Pertemuan 6: Struktur & Stratifikasi Sosial

Sub Materi

-          Konsep struktur sosial.

-          Stratifikasi sosial: definisi & bentuk.

-          Mobilitas sosial.

-          Stratifikasi dalam masyarakat Muslim.

-          Dampak pada pendidikan Islam.

CPL: Mahasiswa mampu menganalisis stratifikasi sosial dan pengaruhnya terhadap pendidikan.

Tugas: Buat mini penelitian: “Apakah latar belakang sosial ekonomi memengaruhi akses pendidikan agama?”

Referensi:

Pitirim Sorokin, Social and Cultural Mobility.

QS. Al-Hujurat: 13.

7

Pertemuan 7: Agama sebagai Fenomena Sosial

Sub Materi

-          Definisi agama dalam sosiologi.

-          Fungsi agama.

-          Agama sebagai integrasi sosial.

-          Agama dan moralitas pendidikan.

-          Islam sebagai rahmatan lil-‘alamin.

CPL: Mahasiswa mampu melihat agama sebagai kekuatan sosial.

Tugas: Diskusi kelas tentang fungsi sosial agama dalam pendidikan.

Referensi:

Emile Durkheim, The Elementary Forms of Religious Life.

QS. Al-Maidah: 2.

8

Pertemuan 8 – UTS

 

9

Pertemuan 9: Antropologi Pendidikan

Sub Materi

-          Antropologi pendidikan: pengertian.

-          Hubungan budaya dan pendidikan.

-          Kearifan lokal sebagai sumber pendidikan agama.

-          Studi kasus: Tepak Sirih, pesantren.

-          Moderasi beragama dalam antropologi pendidikan.

CPL: Mahasiswa mampu mengaitkan antropologi pendidikan dengan PAI.

Tugas: Observasi budaya lokal yang bisa dijadikan bahan pembelajaran agama.

Referensi:

John Ogbu, Anthropology and Education.

Kemenag RI, Moderasi Beragama.

10

Pertemuan 10: Perubahan Sosial dan Pendidikan

Sub Materi

-          Definisi perubahan sosial.

-          Faktor penyebab.

-          Dampak modernisasi terhadap pendidikan Islam.

-          Globalisasi & digitalisasi.

-          Respon pendidikan Islam.

CPL: Mahasiswa memahami dampak perubahan sosial terhadap pendidikan Islam.

Tugas: Buat artikel pendek: “Pengaruh media sosial terhadap pembelajaran agama.”

Referensi:

Anthony Giddens, Sociology.

QS. Ar-Ra’d: 11.

11

Pertemuan 11: Dinamika Lembaga Sosial

Sub Materi

-          Definisi lembaga sosial.

-          Keluarga, pendidikan, agama, politik.

-          Peran lembaga sosial dalam pendidikan.

-          Integrasi nilai Islam.

-          Studi kasus: pesantren dan madrasah.

CPL: Mahasiswa mampu memahami lembaga sosial dan pengaruhnya dalam pendidikan.

Tugas: Studi kasus tentang lembaga pendidikan Islam di daerah.

Referensi:

Soerjono Soekanto, Sosiologi Lembaga Sosial.

QS. Luqman: 13–19.

12

Pertemuan 12: Identitas, Tradisi, & Budaya Religius

Sub Materi

-          Konsep identitas budaya.

-          Tradisi dan akulturasi dalam Islam.

-          Budaya religius di Nusantara.

-          Islamisasi di dunia Melayu.

-          Pendidikan Islam dan tradisi.

CPL: Mahasiswa memahami interaksi Islam dan budaya lokal.

Tugas: Tuliskan laporan observasi tradisi keagamaan di daerah asal.

Referensi:

Azyumardi Azra, Islam Nusantara.

Clifford Geertz, The Religion of Java.

13

Pertemuan 13: Isu Sosial Kontemporer

Sub Materi

-          Radikalisme agama.

-          Pluralitas & multikulturalisme.

-          Moderasi beragama di sekolah.

-          Tantangan pendidikan Islam.

-          Strategi menghadapi isu kontemporer.

CPL: Mahasiswa mampu menganalisis isu sosial dengan perspektif Islam.

Tugas: Makalah kelompok tentang strategi pendidikan Islam menghadapi radikalisme.

Referensi:

Kemenag RI, Moderasi Beragama.

QS. Al-Baqarah: 143.

14

Pertemuan 14: Pendidikan Islam sebagai Agen Perubahan Sosial

Sub Materi

-          Pendidikan sebagai agen perubahan.

-          Pendidikan Islam dan pembangunan masyarakat.

-          Peran guru agama.

-          Teori perubahan sosial.

-          Pendidikan agama untuk karakter bangsa.

CPL: Mahasiswa memahami peran pendidikan Islam dalam perubahan sosial.

Tugas: Presentasi kelompok: “PAI sebagai agen perubahan di sekolah/madrasah.”

Referensi:

Paulo Freire, Pendidikan Kaum Tertindas.

QS. An-Nahl: 125.

15

Pertemuan 15: Integrasi Sosiologi & Antropologi dalam Kurikulum PAI

Sub Materi

-          Pentingnya integrasi sosial-budaya.

-          Pendekatan sosiologis dalam kurikulum.

-          Pendekatan antropologis.

-          Model pembelajaran berbasis budaya religius.

-          Rancang kurikulum PAI kontekstual.

CPL: Mahasiswa mampu merancang kurikulum berbasis sosial budaya dan Islam.

Tugas: Desain silabus pembelajaran agama berbasis budaya lokal.

Referensi:

Tilaar, Multikulturalisme dan Pendidikan.

Kemenag RI, Desain Kurikulum PAI.

16

Pertemuan 16 – UAS

 

Ujian Akhir Semester

(materi pertemuan 9–15).

 


0 Response to "MATA KULIAH : SOSIOLOGI ANTROPOLOGI PENDIDIKAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel