Asal Usul Alam dan Bangsa Melayu





SANGAT sukar berbicara tentang asal usul orang Melayu Kuno, oleh karena data akuratnya sangat sedikit, apalagi tentang orang Melayu dari Sumatera Tengah atau Jambi saja. Maka kita harus mempelajari peninggalan rangka manusia dari Sumatera atau Semenanjung Melayu bahkan Sumsel, Lampung, Jambi, Riau, Bengkulu, Kalimantan (Sarawak). 

Kesukaran yang lain adalah tidak sesuainya kebudayaan dan ras, karena ras yng berlainan dapat mendukung kebudayaan yang sama, dan ras yang sama dapat mempunyai kebudayaan yang berlainan. Dapat pula terjadi pendukung kebudayaan yang sama terdiri atas populasi multirasial, baik menyatu atau terpisah (Yacub T, 2001:1).

Masalah rasial sendiri cukup rumit dan kelompok manusia tidak dapat kita kelasifikasi dengan memuaskan, karena variasi intraspesifik sukar dibuat dengan tegas, karena pasti ada bagian yang tumpang tindih, dan di daerah perbatasan biasanya terjadi percampuran ras. 

Pada peringkat subrasial atau dibawahnya lagi sudah sukar sekali kita pisahkan kelompok manusia dalam golongan-golongan yang bermakna, karena perbedaan genetis dan lingkungannya makin sedikit. Kalau orang Melayu kita golongkan dalam ras Mongoloid, maka mereka merupakan dari Mongoloid Selatan yang mendiami Melayu Sumatera dan Sumatera Tengah dan dapat digolongkan bagian dari subras Melayu-Indonesia (Suwardhi, 1992:38). ***

Penulis: Shinta, Mahasiswa Prodi Akutansi Syariah, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis

0 Response to " Asal Usul Alam dan Bangsa Melayu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel