Melayu adalah Islam

 





MELAYU adalah Islam sehingga Islam dan Melayu adalah satu kepahaman yang dipahami tak bisa dipisahkan dalam kehidupan sosial, keagamaan dan kemasyarakatan.

Lalu, pertanyaan yang muncul adalah sejak kapan hal ini muncul ? Banyak ahli sejarah mengatakan sejak Islam datang ke Kepulauan Melayu. Ahli sejarah juga beralasan, Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW baru hadir diabad ke 7 tapi ajaran dan paham keislaman dalam bentuk ajaran nabi terdahulu sudah menyatu dengan kehidupan masyarakatnya. Bentuknya, bagi banyak ilmuan mengatakan merupakan agama yang hanif dibawakan oleh Nabi Ibrahim melalui istrinya ketiga anak dari Raja Champa bernama Khaturoh sehingga menyebar ke Kepulauan Nusantara dan lebih dikenal dengan Bangsa Jawi atau Bangsa Melayu..

Agama hanif adalah agama yang satu sehingga begitu Islam masuk di Kepulauan Nusantara maka tidak mengalami benturan dan penolakan. Selain Islam juga tidak mengenal dalam strata sosialnya ada kasta dan lainnya. Tapi Islam hanya mengukur kemulian seseorang dilihat dari ketakwaannya kepada sang pencipta.

Bagi bangsa Melayu, hadirnya Islam juga mampu menguatkan nilai kemasyarakatan, solidaritas,  patriotisme, nasionalisme sehingga mampu menjaga keutuhan hidup bermasyarakat dan bernegara. Sebab ada nilai-nilai relegius yang mengikatnya. Dengan nilai agama juga tatanan kehidupan keluarga lebih terjaga antara kebutuhan dunia dan akhirat. ,***

Editor: Dawami, S.Sos, M.I.Kom, Jurnalis Senior Wartawan Utama, Pegiat Lingkar Pojok Literasi, Dosen IAITF Dumai

0 Response to "Melayu adalah Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel